Minggu, 31 Mei 2020

Titik Bekam Sunah Nabi

Bekam dalam bahasa Arab yaitu Al hijamah yang merupakan suatu cara pengobatan dengan cara mengeluarkan darah
Darah yang di keluarkan berupa darah statis atau darah kental yang mengandung toksin yaitu zat beracun dari dalam tubuh manusia.
Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya.
Pengertian ini mencakup dua mekanisme pokok dari bekam, yaitu proses pemvakuman kulit kemudian pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya.
Sebelum melakukan pembekaman, hendaknya kita menggetahui terlebih dahulu kapan waktu yang tepat untuk melakukanya.
dalam sebuah hadist di sebutkan, “tanggal terbaik untuk berbekam adalah 17,19, dan 21 pada setiap bulan Hijriah” (HR Abu Hurairah).
Hal ini didasari oleh, gaya gravitasi bulan yang sedang kuat kuatnya terhadap Bumi terutama di tanggal ganjil, saat itu, kondisi darah menjadi bergejolak dan berada di permukaan.
Sehingga ini menjadi waktu berbekam yang tepat dan efektif untuk mengeluarkan darah statis, darah kotor, racun dalam darah dan sumbatan sumbatan darah.

Titik Bekam dan Khasiatnya

Ummu Mughits

Taukah kamu Ummu Mughits? yaitu pusat kejahatan yang terletak di puncak kepala, tepat di tulang tengkorak di bagian atas agak ke belakang.
Titik ini disebut sebagai pertemuan seratus penyakit hundred meetings dan ibu dari penyakit ummu mughits.
Titik ini juga merupakan tempat yang bertanggung jawab terhadap pergerakan dan sensor tubuh motoric and sensory area.
Yang berfungsi untuk pengobatan bekam seperti epilepsi (ayan), vertigo (perasaan berputar), pusing, prolapsus uteri (pergeseran rahim ke bawah), prolapsus rekti (pergeseran rektum ke bawah).
Kemudian, glaukoma (penyakit mata), mania (gangguan emosional), tinitus (telinga berdengung), sakit ubun-ubun, sinusitis (radang sinus), rhinitis (radang hidung), dan epistaksis (mimisen)

Hammah

Hammah terletak di kepala bagian depan atau dahi, di bagian kepala yang menempel lantai saat sujud.
Titik ini merupakan titik pertemuan meridian lambung dan kandung empedu yang berfungsi untuk pengobatan juga.
Seperti, kelainan pada mata, vertigo, mimisen, nyeri kening, radang hidung,
hidung tersumbat, epilepsi,s akit kepala pada dahi dan pusing.

Yafukh

Yafukh terletak di tengah kepal tepat di titik pertemuan tulang tengkorak depan dan belakang, antara tulang ubun ubun dan tulang dahi.
Tempat ini merupakan daerah pengaturan pergerakan otot wajah dan otot otot tubuh dan tremor.
Berfungsi untuk pengobatan bekam juga seperti, epilepsi, kepala pusing, ingusan, nyeri ubun ubun, sakit kepala bagian depan dan penglihatan kabur.

Naqroh

Naqroh terletak di leher bagian belakang, tepat di tulang leher 1-7, sejak dari atas batas rambut belakang hingga ke tulang leher.
Bisa ke kanan dan ke kiri ke arah belakang telinga, sebelah dalamnya terdapat otak kecil, yang berbatasan dengan medulla oblongata.
Ia juga merupakan daerah pusat keseimbangan tubuh yang berfungsi untuk pengobatan juga.
Seperti, kesulitan bicara, perasaan berputar, pusing, gangguan kejiwaan, gangguan emosional, sakit kepal, kaku kuduk, darah tinggi dan nyeri ubun-ubun serta kepala belakang.

Qomahduwah

Qomahduwah terletak di tulang kepala bagian belakang di sebelah atas dari tonjolan tulang yang menonjol di bagian belakang kepala.
Atau bagian kepala yang menempel di tanah, merupakan daerah yang berhubungan dengan pusat penglihatan optic area.
Berfungsi untuk pengobatan berupa, hilangnya suara, kesulitan bicara, vetigo, pusing, gangguan kejiwaan, gangguan emosional, flu, demam, sakit kepala, kaku kuduk pada flu, kejang, gangguan kelopak mata, kuduk terasa berat dan kaku.

Akhda’ain

Akhda’ain terletak di leher, tepat pada kanan dan kiri urat leher, yang berfungsi untuk pengobatan bekam.
Berupa pusing, tuli mendadak, TBC kelenjar limfe, punggung dan leher kakU, muka bengka, tenggorokan nyeri dan serak.
Serta telinga berdengung, gondongan, rahang kaku, mastoiditis, paralisis fasiali, kuduk kaku dan nyeri, nyeri gigi, leher dan punggung atas nyeri.

Kahil

Kahil terletak sekitar tonjolan tulang leher yang merupakan titik pertemuan meridian usus besar, lambung, usus kecil, kandung kemih, kandung empedu dan organ tri enegizer
Yang berfungsi untuk pengobatan TBC, meningitis, kejang, asma, flu, batuk, pilek, sakit kepala, epilepsi, leher kaku dan tengeng, kelumpuhan tungkai, peradangan sendi lutut, rematik otot pundak dan punggung.

Udzun

Udzun berada di belakang teliga yang berfungsi untuk pengobatan berupa
telinga berdengung, kesulitan bicara, rahang kaku, pendengaran berkutang.
Serta, kelemahan otot wajah, rahang nyeri, nyeri saraf dan trigeminus, kejang otot temporal (sekitar pelipis), nyeri dan bengkak sekitar rahang.

Dzuqn

Berada di dagu, kanan, kiri, atau sekitar janggut yang berfungsi untuk kelemahan otot wajah, pembengkakan gusi, gangguan emosi, mata bengkak dan sakit gigi.

Munkib

Munkib berada di antara bahu dan lengan atas yang berfungsi untuk nyeri bahu, nyeri lengan atas, gangguan pergerakan sendi bahu, nyeri gigi dan daerah wajah.

Tsadyu

Tsadyu berada dibawah payudara berfungsi untuk penuh di ulu hati, batuk dan sakit dada, nafas berat, radang payudara, ASI tidak lancar, dan asma.

Qithon

Qithon berada di punggung bagian bawah, antara tulang belakang lumbal ke-4 dan sakral ke-1. Merupakan pertemuan meridian ren dan kandung kemih.
Memiliki fungsi untuk, nyeri pinggang, ngompol, penglihatan kabur, telinga berdengung, kram, ginjal, kesulitan kemih, haid tak lancar Keputihan, sering kencing, dan radang rahim.

Asfalas Shodr

Asfalas Shodr Terletak di dada bagian bawah, kiri dan kanan yang
berfungsi untuk pengobatan dada terasa penuh, asma, nyeri dada, ASI tidak lancar.
Kemudian nyeri menelan, ulu hati terasa penuh, malas makan, nyeri lambung, batuk dan sesak nafas, serta jantung berdebar debar.

Wirk

Wirk terletak pada pada pangkal yaitu bagian bawah belakang tulang pinggul bagian belakang berfungsi untuk pengobatan bekam.
Seperti, nyeri bagian belakang paha, nyeri persendian, wirk bagian depan berfungsi untuk nyeri saraf,nyeri dari punggung ke pinggul hingga ke betis.
Kemudian nyeri sendi tungkai, wirk bagian samping luar berfungsi untuk pengobatan rematik sendi tungkai, nyeri sendi lutut, gatal seluruh tubuh, lumpuh pada tungkai.

Maq’idah

Maq’idah terdapat di pantat bagian yang paling menonjol ketika seseorang duduk di sekitar tulang ekor, ditengah atau dikanan kirinya, pada otot gluterus maksilaris.
Berfungsi untuk keputihan, nyeri punggung, haid tidak teratur, nyeri pinggang, kesulitan kencing, nyeri syaraf, sembelit dan penyakit dalam rongga pinggul.

Rukbah

Rukbah ini terletak di atas lutut, bagian belakang berfungsi untuk nyeri pinggang, gangguan sendi lutut, kekakuan otot lutut, nyeri perut, dan radang kandung kemih.
Rukbah bagian depan atas berfungsi untuk, maag, radang payudara, lutut bengkak, haid tak teratur, nyeri ketika haid atau terlambat haid.

Fakhd

Fakhd berada di paha tepat di batang tulang femur, fakhd bagian depan, antara lutut dan lipat paha, berfungsi untuk kaku dan pegal pada paha, serta lutut.
Fakhd bagian belakang, antara lipat gluteal lipat paha dan tengah popliteal lipat lutut berfungsi untuk pengobatan nyeri bagian belakang paha, dan nyeri sendi.
Fakhd bagian samping luar berfungsi untuk, rematik, gatal, bisul, dan bagian samping berfungsi haid tak teratur, sulit kencing, kram ginjal.

Saaq

Saaq terdapat di tungkai bawah, antara lutut dan pergelangan kaki. Saaq bagaian samping dalam, kira-kira 4 jari di atas mata kaki bagian dalam.
Yang merupakan titik pertemuan limpa, hati dan ginjal. berfungsi untuk indigestion, feses lembek, perut kembung, haid tak teratur, keputihan, nyeri kelamin, dan kesemutan.
Saaq bagian samping luar, antara lutut dan mata kaki, berfungsi untuk, sakit lutut, kelumpuhan, nyeri perut bagian bawah nyeri paha, nyeri mata, dan nyeri ketiak.

Rusygh

Rusygh berada di antara lengan bawah dengan telapak tangan, rusygh lengan bawah bagian punggung antara siku dengan punggung tangan ¼ bagian bawah.
Berfungsi untuk pengobatan, radang pergelangan tangan, nyeri bahu atau lengan atas, tremor tangan, telinga berbunyi dan radang telinga tengah akut.
Rusygh lengan bawah bagian depan, antara siku dengan telapak tangan ¼ bagian bawah, berfungsi untuk pengobatan pula.
Berupa gangguan jantung, histeri, gelisah, nyeri lengan, insomnia, hipertensi, cegukan, nyeri dada, ketiak bengkak, kejang, sendi siku, dan gatal gatal.

Zhohrul Qodam

Zhohrul Qodam terdapat di punggung kaki, sekitar tulang telapak kaki berfungsi untuk kelemahan otot wajah, muntah, distensi perut, dan yeri tungkak.
Kemudian tungkai lemas, wajah bengkak, nyeri perut, bengkak punggung kaki, mata merah dan gatal, radang payudara, nyeri ketiak, nyeri leher dan Iltiwa.

Bainal Katifain

Bainal Katifain berada di antara dua bahu yang berfungsi untuk pengobatan pusing, nyeri lengan atas dan pundak, kaku punggung dan leher.
Kemudian gangguan gerak sendi, nyeri otot, flu, kelumpuhan, nyeri otot pundak dan punggung pembengkakan kelenjer limfe daerah ketiak. (HAD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titik Bekam Sunah Nabi

Bekam dalam bahasa Arab yaitu Al hijamah yang merupakan suatu cara pengobatan dengan cara mengeluarkan darah Darah yang di keluarkan beru...